Tentang GBN

Tentang Gerakan Bale Nagi

Pertanyaan seputar Gerakan Bale Nagi yang perlu anda ketahui:

Apa itu Bale Nagi

Bale Nagi adalah frasa yang digunakan oleh Orang Flores Timur yang artinya sama dengan pulang kampung / mudik

Apa itu Gerakan Bale Nagi ( GBN ) ?

GBN Adalah Gerakan Moral, sebuah kampanye untuk mengajak warga Flores Timur Diaspora ( perantau ) di seluruh dunia untuk pulang kampung/lewo pada saat perayaan Semana Santa ( Paskah )

Mengapa menggunakan istilah Bale Nagi, kenapa tidak Balik Lewo / Pulang Kampung saja?

Frasa nagi/lewo memiliki kesamaan makna: kampung halaman.
Satu-satunya frasa yang tidak digunakan orang lain diluar Flores Timur adalah Nagi.  Ada kabupaten lain dalam entitas Lamaholot yang  menggunakan istilah lewo, dengan demikian frasa Nagi merupakan satu-satunya yang identik dengan Flores Timur

Apakah Pantia GBN akan membiayai Gerakan Pulang Kampung.

GBN adalah gerakan untuk mengajak warga Flotim diaspra untuk pulang kampung bersama, bukan membiayai orang untuk pulang kampung.
Selama di kampung halaman, semua peserta yang terdaftar dilibatkan dalam berbagai macam kegaitan rohani, wisata dan budaya yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Flores Timur.

Apakah gerakan ini hanya untuk diaspora yang berdomisili di pulau Jawa ?

Kegiatan Gerakan Bale Nagi terbuka untuk semua masyarakat Flores Timur yang oleh karena tugas atau pekerjaannya, harus keluar dan menetap diluar Flores Timur. Mulai dari wilayah terdekat: Lembata & Sikka, serta kabupaten lain disekitar NTT, juga diluar NTT, seperti di Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Sumatera, Malaysia. Singkatnya: di seluruh dunia.
Gerakan ini terbuka untuk semua.

Apakah GBN hanya khusus untuk warga diaspora Nasrani?

Gerakan Bale Nagi ( GBN ) adalah kampanye untuk memanggil pulang seluruh perantau/diaspora Flores Timur apapun agama/keyakinannya, hanya saja momentum yang digunakan adalah perayaan Paskah / Semana Santa.

Mengapa masa Paskah digunakan sebagai kampanye GBN ?

Umat Katolik Flores Timur memiliki tradisi penghormatan terhadap Bunda Maria yang telah berjalan dan terpelihara dengan baik selama 5 abad namanya, yaitu Prosesi Jumad Agung. Pada momen/peristiwa ini masyarakt Flores Timur yang berada diluar kampung halam berbondong-bondong pulang dan berbaur dengan ribuan peziarah yang datang ke kota Larantuka untuk menimba rahmat. Maka perayaan Semana Santa dapat dianggap sebagai mudik-nya orang Flores Timur.

Apakah Panitia menyiapkan transportasi untuk pulang?

Tidak, tapi panitia sedang mengupayakan kerjasama dengan pihak AL dan AURI untuk pengadaan moda transportasi ( Kapal & Pesawat Hercules ) untuk wilayah Jawa. Jika trasportasi ini tersediapun, tidak gratis, peserta akan dimintakan kontribusinya dengan nominal tertentu yang harganya lebih rendah dari harga tiket kapal/pesawat komersil.

Bagaimana caranya jika saya ingin terlibat dalam GBN ?

  1. Mendaftar secara online melalui  https://balenagi.com –> Dukung GBN 2020–> Daftar Menjadi Peserta
  2. Verifikasi data oleh Panitia
  3. Peserta dimasukan ke Grup Whats Up Peserta GBN
  4. Berangkat ke Flores Timur bersama dari seluh penjuru dunia
  5. Melakukkan aktivitas bersama ( Religi/Budaya/Wisata/Sosial) yang jadwalnya sudah ditentukan

Apakah saya boleh mengajak teman/saudara untuk terlibat dalam gerakan ini

Boleh, dengan catatan yang mendaftar menjadi penjamin keberadaan mereka selama di Nagi/Kampung, memastikan kebutuhan akomodasi mereka terpenuhi dengan baik, menjadi guide/mentor bagi mereka serta bersedia berpartisipasi dalam segala kegiata jadwalnya yang telah ditetapkan panitia.

Apa saja Agenda GBN

Rangkaian kegiatan GBN dimulai dari 4 April dan berakhir tanggal 13 April 2020. Berbagai kegiatan telah disiapkan baik kegiatan sosial, budaya, religi juga pariwisata. Itenari kegiatan dapat dilihat di web site  https://balenagi.com

Open chat
1
Pengen tau tentang GBN ?
Hallo...
Ada yang bisa kami bantu ???
Powered by