Pariwisata Flores Timur Tawarkan Hal Menarik buat Peserta GBN 2020

Balenagi.com – Gerakan Bale Nagi – GBN 2020 yang digagas Ormas Kontas Flores Timur dan Paguyuban Tite Hena Jakarta sudah dilaunching pada Sabtu, 18 Januari lalu di Balairung Soesilo Soedarman, gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sekretaris Daerah Flores Timur Paulus Igo Geroda, S.Sos, M.AP

Sekretaris Daerah Flores Timur Paulus Igo Geroda, S.Sos, M.AP yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi adanya Gerakan Bale Nagi yang mengajak para diaspora untuk pulang kampung massal pada momentum Semana Santa bulan April 2020 yang akan datang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Flores Timur, saya sangat mengapresiasi gagasan yang dibuat oleh para diaspora Flores Timur Jabodetabek ini,” ujarnya.

Dalam irama yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur Apolonia Corebima, SE., Msi menyambut baik rencana Pulang Kampung pada momentum Semana Santa dalam spirit Gelekat Lewo yang dikemas dalam Gerakan Bale Nagi – GBN 2020 ini.

Menurut Nia, meski telah menjadi ikon pariwisatanya Flores Timur, namun Semana Santa perlu didukung dengan event-event kreatif lainnya yang digelar sebelum dan sesudah Semana Santa berlangsung.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur Apolonia Corebima, SE.MSi

“Para peziarah cenderung langsung meninggalkan Larantuka setelah Semana Santa usai karena tidak ada event-event menarik lainnya. Oleh karena itu, digagaslah event Festival Bale Nagi 2020,” terangnya.

Festival Bale Nagi, kata Nia, merupakan sebuah event pariwisata dengan menggiatkan beberapa kegiatan pariwisata dalam rentang waktu sebelum dan sesudah Semana Santa yang bertujuan untuk memperlama waktu kunjungan para wisatawan (terutama para peziarah) dan juga kaum diaspora yang kembali ke kampung halamannya.

Pada kesempatan itu juga, Nia memaparkan Kalender Pariwisata Flores Timur khususnya yang berkaitan dengan Festival Bale Nagi yang isinya sangat menarik. Para wisatawan dan diaspora yang ikut dalam Gerakan Bale Nagi – GBN 2020 akan disambut dan disuguhkan dengan berbagai kegiatan wisata baik wisata rohani, wisata sejarah juga wisata alam. Para wisatawan dan diaspora akan disambut sejak Selasa, 4 April 2020 dengan Pameran Benda Purbakala.

““Ini menjadi tahun pertama diadakannya Pameran Koleksi Benda Sejarah milik Kathedaral Larantuka, Kapel, Tori dan Istana,” papar Nia.

Sebelum memasuki Tri Hari Suci (Pekan Semana Santa), para wisatawan dan diaspora akan diajak untuk menikmati Pameran Tenun, Lukisan, Bonsai dan Kerajinan lainnya di Lapangan Ile Mandiri Larantuka.

Selama Semana Santa, wisatawan dan diaspora dapat mengikuti Ritual Semana Santa sejak Rabu Trewa, Prosesi Laut antar Tuan Meninu, Prosesi Jumat Agung hingga Prosesi Maria Allelui di Konga.

Pada Sabtu, 11 April 2020 wisatawan dan diaspora akan diajak menikmati wisata ke Pulau Meko Adonara, Pertapaan Lamanabi dan wisata ke Pulau Waibalun. Pada keesokan harinya Minggu, 12 April 2020 wisatawan dan diaspora kembali diajak untuk menjelajahi Pantai Kawaliwu menikmati suguhan Permainan Layang-Layang Massal sembari menunggu Pesta Sunset dan Festival Kuliner. Malam harinya wisatawan dan diaspora juga akan diajak untuk mengikuti Prosesi Maria Alleluia (Prosesi Kegembiraan Maria atas kebangkitan Putranya Yesus Kristus) di desa Konga.

Rangkaian Festival Bale Nagi 2020 akan ditutup dengan Festival Nelayan di Pulau Waibalun dan Dialog Semana Santa serta Festival Shorgum dan Merungge serta Hiburan Dolo Massal dan Pertunjukan dari Lintas Agama yang akan dilangsungkan di Taman Kota Larantuka pada Senin, 13 April 2020.

Pulau Meko Adonara

“Flores Timur sesungguhnya menyediakan semua jenis destinasi wisata baik alam, budaya maupun religi. Semua itu adalah karunia yang patut dijaga, dikembangkan dan dilestarikan. So, welcome to Flores Timur” ajak Nia kepada seluruh diaspora yang hadir. (Philip Weking)

Leave a reply

Open chat
1
Pengen tau tentang GBN ?
Hallo...
Ada yang bisa kami bantu ???
Powered by